Rabu, 14 Juni 2017

Makanan Penambah Darah Terbaik Penderita Anemia

Berbicara mengenai Anemia,kondisi ini merupakan yang sering  di alami oleh masyarakat terutama di kalangan pelajar. Anemia itu sendiri merupakan suatu kondisi seseorang yang mengalami kekurangan sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin sendiri merupakan suatu senyawa protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah yang diproduksi di sumsum tulang.


Anemia ini juga disebabkan oleh tubuh yang kekurangan mineral, zat besi, asam folat serta beberapa vitamin A, B12 dan C. Gejala yang sering dialami oleh orang yang menderita anemia akan mengalami sesak nafas, kepala terasa ringan, wajah terlihat pucat serta turunnya sistem kekebalan tubuh.

Penderita anemia sangat memerlukan nutrisi yang baik dan berbeda dari orang yang memiliki darah normal. Mereka penderita anemia harus mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah mereka. Salah satu solusi sehat yang bisa anda lakukan tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang tepat serta bisa membantu bertambahnya hemoglobin. Maka dari itu kami akan memberikan saran kepada anda penderita anemia agar bisa mengonsumsi makanan berikut:

  • Makanan yang mengandung vitamin C
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan berfungsi untuk menangkal berbagai penyakit. Makanan yang mengandung vitamin C seperti, kubis, paprika hijau, kale, brokoli, bok coy, kembang kol, labu, lobak, kentang, rumput laut, talas, jambu biji, jeruk, kiwi, sukun, mangga, tomat, anggur, pisang, pir, markisa, nanas. 
 
  • Makanan yang mengandung Vitamin A

Vitamin A adalah kelompok senyawa yang termasuk sebagai anti oksidan bagi tubuh manusia. Makanan yang mengandung vitamin A seperti, hati sapi, hati ayam, ikan salmon, ikan tuna, ikan makarel, mentega, susu, telur, keju, yoghurt, ubi jalar, labu, wotel serta bayam.



  • Makanan yang mengandung Mineral

Mineral adalah senyawa kimia homogen, non organik yang memiliki bentuk seperti kristal dan terbentuk secara alami. Mineral berfungsi sebagai pembentukan darah dan tulang, merawat sel saraf dan mendukung sistem endokrin. Contohnya, kacang mente, susu, bayam, jeruk, kedelai, tempe, pir, pisang, tahu, beras, daging unggas, kismis, jambu, kiwi, delima, manggis, semangka, ikan, jamur, kubis, daging sapi, aprikot, ubi dan alpukat.
  • Makanan yang mengandung zat besi
Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sebagai fungsi untuk pembentuk hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel tubuh. Makanan yang mengandung zat besi seperti, daging merah, kuning telur, ikan, sayuran berdaun gelap atau hijau, kacang polong, kacang kedelai, kismis, plum, tiram, kerang, hati dan ampela ayam.

  • Makanan yang mengandung asam folat
Asam folat merupakan vitamin yang mudah larut oleh air. Sumber asam folat bisa kita temukan pada berbagai jenis buah, sayur, serta makanan lainnnya. Seperti, alpukat, jeruk, pepaya, strawberry, rasberry, bayam, asparagus, kentang, jagung, biji bunga matahari, sereal, dan hati sapi.

  • Makanan yang mengandung Vitamin B12
 
Vitamin B12 atau kobalamin adalah sebuah vitamin larut air yang berperan dalam berfungsi normalnya otak dan sistem saraf serta pembentukan darah. Makanan yang mengandung Vitamin B12 seperti, ikan haring, ikan tuna, kepiting, kerang, ikan salmon, daging sapi dan kambing, keju, telur dan daging ayam.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi dalam upaya Penambahan darah anda. Terima kasih. Semoga lekas sembuh.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar